free webpage hit counter

Kolam Ikan Dari Barang Bekas Sangat Praktis Bagi Pemula

Apakah Anda ingin memiliki kolam ikan tapi irit biaya? Tenang saja karena kini Anda dapat memilikinya dengan irit dan mudah. Kolam ikan dari barang bekas dapat menjadi alternatif bagi Anda terutama bagi pemula dalam bidang ini. Oleh sebab itu kini saatnya Anda menyimak beberapa barang bekas yang ternyata memiliki fungsi sebagai kolam ikan.

kolam ikan dari barang bekas spanduk
kolam ikan dari barang bekas sederhana

– Galon. Kolam ikan yang sangat sederhana dapat terbuat dari galon bekas. Anda dapat memastikan galon tersebut bersih dan berisi air serta jalur oksigen bagi ikan. Hal itu tidaklah sulit dilakukan.

– Plastik Fiber. Kolam ikan dari barang bekas selanjutnya adalah plastik fiber. Usai digunakan, Anda dapat meletakkannya oada bagian tanah atau area cekung yang akan digunakan sebagai kolam ikan. Tanpa semen dan bahan lainnya yang rumit Anda sudah mampu menciptakan kolam ikan.

– Drum. Tidak jauh  berbeda dengan galon, drum yang umumnya tidak bening juga dapat digunakan sebagai kolam ikan mini. Hadirkanlah beberapa biota laut mini untuk melengkapi pemandangan dalam ekosistem tersebut.

– Terpal. Jika Anda telah selesai menggunakan terpal yang kaya akan manfaat, maka janganlah membuangnya karena dengan terpal Anda dapat membuat kolam ikan sesuai ukuran yang diinginkan. Anda hanya perlu mengaitkan masing-masing sisinya dan meletakkannya pada cekungan tanah. Dengan demikian kolam ikan sederhana pu  telah menjadi milik Anda.

kolam ikan dari barang bekas mini
kolam ikan dari barang bekas fiber
kolam ikan dari barang bekas ember

Masih ada berbagai barang bekas lainnya seperti drum ataupun ember yang dapat dialihfungsikan sebagai kolam ikan. Anda juga tidak perlu heran jika ada beberapa pihak yang gemar menggunakan ban bekas sebagai material dasar dalam pembuatan kolam ikan.

kolam ikan dari barang bekas drum
kolam ikan dari barang bekas botol
kolam ikan dari barang bekas ban

Dengan berbagai bahan bekas tersebut, siapapun dapat memiliki kolam ikan sekalipun ia adalah seorang pemula dalam hal ini. Hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara untuk mempertahankan ikan-ikan tersebut agar tetap hidup. Oleh karena itulah setidaknya Anda memerlukan sedikit usaha tambahan untuk mengalirkan air pada kolam buatan Anda sehingga ikan dapat memperoleh oksigen yang cukup. Disamping itu makanan untuk ikan pun perlu menjadi perhatian agar jangan sampai ikan tersebut kelaparan dan mati.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *