free webpage hit counter

Cara Membuat Vertikultur dari Talang Air untuk Lahan Sempit

ide dan cara membuat vertikultur dari talang air

Berkebun atau bercocok tanaman menjadi salah satu hobi yang sangat menyenangkan bagi banyak orang. Selain menjadi hobi yang menyenangkan, Anda tentunya juga mendapatkan keuntungan jika tanaman Anda tumbuh dengan baik dan menghasilkan. Bercocok tanam tidaklah selalu dilakukan pada lahan atau halaman yang luas. Salah satu solusi atau alternative yang saat ini sedang populer dalam bercocok tanam bagi mereka yang mempunyai lahan sempit adalah system vertikultur atau teknik budidaya tanaman secara vertikal yang disusun ke atas secara bertingkat. Anda bisa membudidayakan aneka jenis sayur sayuran dan buah-buahan. Sebagai media tanam, Anda bisa memanfaatkan barang-barang bekas di sekitar Anda untuk menhemat biaya yang dikeluarkan. Dan salah satu media tanama yang sering digunakan untuk vertikultur adalah talang air. Anda bisa membuat sendiri talang air yang akan digunakan untu sayuran atau buah-buahan. Berikut ini ada tips mudah tentang cara membuat vertikultur dari talang air.

Alat dan Bahan yang Diperlukan:

1.Rak besi

2.Talang Air

3.Bor

4.Tanah

5.Bibit sayuran dan buah-buahan

Langkah-langkah can Cara Membuat Vertikultur dari Talang Air:

1.Langkah pertaman adalah membuat rak penyangga talang air dari besi ukuran kecil atau kurang lebih 10mm dengan desain, tinggi maupun ukuran sesuai dengan talang air dan juga selera. Selain itu Anda juga bisa memilih jumlah tingkat dari rak besi sesuai dengan keinginan dan juga lahan atau area yang Anda miliki. Untuk idealnya, Anda bisa memberikan jarak pada masing-masing tingkat kurang lebih 10-15 cm.

2.Potonglah talang air sesuai dengan ukuran rak besi yang sudah Anda buat tadi. Anda bisa membuat talang air persegi empat dan sambungan talang air dapat menggunakan segitiga yang biasa digunakan untuk menyambung talang air.

3.Selanjutnya, jangan lupa untuk membuat beberapa lubang pada bagian bawah talang air untuk drainase air menggunakan bor dengan diameter sekitar 0,5 cm dan berjarak 15-20 cm antar lubang.

4.Tutup ujung-ujung talang air menggunakan penutup talang.

5.Dan langkah yang terakhir adalah menambahkan media tanam, seperti kompos atau tanah yang subur dan bibit sayuran atau buah-buahan yang akan ditanam. Itulah tips mudah tentang cara membuat vertikultur dari talang air. Semoga membantu dan selamat bercocok tanam!

Di bawah ini ada beberapa contoh gambar vertikultur dari talang air yang bisa Anda jadikan referensi:

ide dan cara membuat vertikultur dari talang air

Gambar cara membuat vertikultur dari talang air

contoh membuat vertikultur dari talang air

cara membuat vertikurltur dari talang air untuk lahan kecil

cara membuat vertikultur dari talang air

cara membuat vertikultur dari talang air untuk sayuran

cara membuat vertikultur dari talang air di rumah

cara membuat vertikultur dari talang air dan rak besi

cara membuat bertikultur dari talang air dengan mudah

cara membuat vertikultur dari talang air untuk halaman rumah

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *