free webpage hit counter

Tips untuk Mendesain Taman Belakang Rumah

Memiliki sebuah taman yang hijau dan asri tidak hanya akan Anda dapatkan di depan rumah saja. Akan tetapi membuat taman di belakang rumah juga merupakan pilihan yang cerdas. Selain bisa menjadikan sirkulasi udara menjadi baik, Anda bisa memanfaatkannya sebagai tempat yang sempurna untuk beristirahat, berkumpul dengan keluarga atau mungkin mengadakan pesta bersama teman-teman Anda di belakang rumah. Mendesain taman belakang yang indah ternyata tidaklah sulit. Anda hanya membutuhkan imajinasi dan kreativitas untuk membuat serta informasi dan contoh-contoh desain taman belakang rumah yang sesuai dengan selera Anda. Berikut ini ada beberapa tips yang akan membantu Anda dalam mendesain taman belakang rumah yang indah.

1.Luas Area Lahan 

desain taman belakang rumah

Mempertimbangkan luas area atau lahan belakang rumah Anda menjadi hal pertaman yang sangat penting untuk diperhatikan. Luas area atau lahan tentunya akan mempengaruhi faktor-faktor yang lainnya, seperti tata letak taman, tema atau konsep dari taman itu sendiri, jenis tanaman yang akan ditanam dan lain sebagainya. Jika Anda memiliki lahan atau area belakang yang luas tentunya menjadi sebuah keuntungan. Anda bisa menyulap area belakang rumah Anda menjadi tempat bermain anak atau tempat berkumpul keluarga dengan menambahkan berbagai macam komponen, seperti meja, kursi, kanopi atau mungkin menggabungkannya dengan kolam renang. Namun, jika area belakang rumah Anda tidak luas atau sempit, pastikan untuk tidak menambahkan terlalu banyak komponen atau bahkan terlalu banyak tanaman untuk menghindari kesan yang sumpek, ramai atau pengap. Anda cukup memilih konsep taman belakang yang minimalis dengan aneka tanaman atau bunga yang sesuai.

2.Tata Letak Taman

penataan tanaman untuk taman belakang rumah

Tata letak taman Anda tentu sangat dipengaruhi dengan luas lahan yang ada di belakang rumah Anda. Usahakan untuk menciptakan tata letak taman yang cantik dan rapi sehingga membuat desain taman belakang rumah Anda terlihat menarik dan segar meskipun dalam laha yang sempit. Anda bisa mengatur jarak tanam tanaman hias dengan metode pola lurus, melengkung, melingkar dan lain sebagainya. Memilih tanaman menggantung atau merambat juga merupakan ide yang cemerlang jika Anda tidak memiliki cukup ruang di lahan belakang rumah.

3.Konsep atau Tema 

desain dan dekorasi taman belakang rumah

Memilih konsep atau tem ataman belakang rumah juga masih dipengaruhi oleh luas lahan. Tetapi selain luas lahan, tata letak dan jenis tanaman bisa mempengaruhi konsep taman belakang rumah Anda. Ada berbagai konsep atau teman yang bisa diaplikasikan pada area belakang rumah seperti, taman dengan tema minimalis, taman bergaya tropis, taman klasik, modern dan juga konsep tradisional.

4.Jenis Tanaman

penataan bunga pada taman belakang rumah

tanaman gantung untuk desain taman belakang rumah

Sebelum Anda pergi untuk membeli bibit atau tanaman yang akan menghiasi area belakang rumah Anda, alangkah baiknya untuk membuat daftar terlebih dahulu. Pilih jenis dan jumlah tanaman berdasarkan luas lahan agar seimbang dengan luas lahan belakang Anda. Tanaman menggantung atau merambat menjadi pilihan yang cocok untuk lahan yang lebih sempit. Anda bisa mengkombinasikan bunga-bunga yang cantik dengan aneka sayuran serta tanaman sehat lainnya. Selain mendapatkan taman yang indah di belakang rumah, anda juga bisa memanen sayuran-sayuran tersebut untuk menghemat pengeluaran sehari-hari Anda.

5.Drainase atau Saluran Air

bunga taman belakang rumah

Sistem drainase atau saluran air yang bagus tentunya sangat dibutuhkan dalam perkembangan dan pertumbuhan tanaman Anda nantinya. Anda harus memastikan system drainase yang bagus untuk mengatur dan menyerap kelebihan air pada tanah lahan belakang rumah karena kondisi tanah yang bagus akan sangat penting untuk kondisi tanaman Anda.

6.Penambahan Beberapa Komponen

penataan tanaman minimalis di taman belakang rumah

Untuk menambahkan kesan yang menarik dan bahkan unik pada desain taman belakang rumah, Andabisa menambahkan beberapa komponen yang menunjang konsep taman Anda, seperti batu-batu alam, potongan kayu, keramik dan komponen lainnya yang membuat taman belakang rumah Anda terlihat lebih indah. Menambahkan kanopi atau tempat berteduh, kolam atau bahkan air terjun kecil pada area taman belakang rumah juga merupakan ide yang cemerlang. Anda bisa bersantai dengan keluarga di tempat tersebut sembari menikmati udara segar dan taman yang indah.

7.Konsultasi dengan Eksterior Desainer

tempat duduk di taman belakang rumah

Jika Anda masih merasa tidak yakin atau bingung untuk memilih dan mendesai taman belakang rumah, Anda bisa menggunakan jasa eksterior desainer untuk membantu. Dengan bantuan ekterior desainer, Anda akan memperoleh desain taman yang cantik dan sesuai dengan keinginan, luas lahan ataupun budget Anda.

Di bawah ini beberapa contoh gambar taman belakang rumah:

tempat duduk taman belakang rumah

tanaman rambat untuk taman belakang rumah

tanaman gantung pada pagar belakang rumah

Taman-Kecil-Belakang-Rumah-Minimalis

penataan tanaman pada taman belakang rumah

penataan tanaman di taman belakang rumah

jenis tanaman gantung untuk taman belakang rumah

Desain taman kecil yang ada di belakang rumah

desain taman belakang yang kecil dan indah

desain taman belakang rumah yang kecil

desain taman belakang rumah sederhana

desain taman belakang rumah dengan kanopi

desain taman belakang rumah dengan kanopi (2)

dekorasi taman belakang rumah

contoh tanaman gantuk pada taman belakang rumah

 

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *